Five Pet Peeves
Tadinya aku bingung tulisan ini artinya apa. Ternyata pet peeves artinya adalah sesuatu yang kita rasa sangat menjengkelkan. Ini versi aku yaaa:
1. Customer Service/Kasir/Pelayan Jutek
Aku nggak tau ya menurutku ini hal paling menyebalkan sih. Aku tuh gak jutek, aku juga bisa ramah kalo mereka ramah sama aku. Opiniku, mereka yang bekerja dibagian pelayanan publik sudah seharusnya memasang wajah tersenyum dan ramah. Itu tuntutan pekerjaan. Gak peduli kamu badmood, lagi ada masalah pribadi, masalah keluarga, atau apalah, tapi tersenyum dan melayani dengan baik itu tugas kamu. Setelah kerja selesai, terserah mau pasang muka bete juga gapapa. Ketika kita senyum dan melayani pelanggan dengan baik, pelanggan pun pasti bakal senang. Kalopun pelanggan gak senyumin balik, setidaknya di dalam benak mereka pasti ada sedikit rasa senang karena dilayani. Bahkan kalo based on my experience, misal aku gak terlalu suka barangnya, ketika pelayan melayaniku dengan ramah pasti ada rasa sungkan dan malah jadi kepengen beli. Kalo mamaku bahkan misalnya ada toko A harganya lebih murah dibanding toko B, tapi pelayanan pegawai toko B lebih ramah, mamaku lebih milih belanja di toko B. Emang bener ada slogan "pelanggan adalah raja." Bukan berarti kita pengen dipuja banget, nggak kok. Dengan pelanggan dilayani ramah, pelayan tersenyum, setiap pelanggan bertanya dijawab dengan sabar, itu udah nilai plus banget loh! Bayangin pelanggan lagi badmood, ketemu pelayanan buruk, makin kesel gasih:(:( makin bikin tambah bad day.
Dan ada beberapa tipe pelanggan yang suka nanya-nanya tapi gak jadi beli, jangan marah. Jadi aku dulu pernah cerita ke mama, bahwa aku dijutekin mbak konter hp karena gak jadi beli casing. Aku kalo beli barang biasanya cek cek dulu, gak mau ada cacat. Kebetulan saat itu barang yang aku mau cuma ada satu dan ada kelupasan. Aku nolak gak mau barang itu dan gak jadi beli. Terus mbak konternya ngedumel sambil bilang "ngapain nanya harga kalo gak jadi beli." Duuuhh emosi :(
Terus aku cerita ke mama, dan mama nasehatin, "salah kalo seperti itu. Pelanggan adalah raja. Mau pelanggan nanya berapa pertanyaan terkait produk/jasa yang kita tawarkan, ya kita harus siap menjawab. Jawab dengan baik-baik. Kalo seandainya udah nanya-nanya terus gak jadi beli, yaudah gak usah marah. Belom rezekinya mungkin. Yang penting kita udah berusaha."
Nah balik ke topik. Pokoknya pelayanan ramah itu penting banget. Manfaatnya adalah:
- Meninggalkan kesan baik dibenak konsumen
- Pelanggan bisa ingat nama tokomu
- Kemungkinan pelanggan memuji karyawan juga bisa
- Bisa saja pelanggan yang tidak berniat beli, jadi ingin beli karena pelayanan bagus
- Pelanggan bisa loyal dengan tokomu, bisa jadi sebuah keuntungan
- Pelanggan juga bisa berbalik ramah padamu. Dan menaikkan moodmu juga
- Masih banyak lagi
2. Orang yang Ngomong Kasar
Lebih sebel lagi kalo yang ngomong kasar itu anak kecil. Duuuhh :( kalo pake nada bercanda sih gapapa ya. Aku dulu juga punya temen yang kalo becanda ngegas kasar tapi lucu. Dan itu fine fine aja menurutku. Ngomong kasar disini konteksnya ketika orang itu melampiaskan emosi, berniat ngatain orang lain, dan bentuk melecehkan. Pokoknya jangan deh :( yuk mulai dihilangkan kebiasaan itu, bicara sopan bisa tetep asyik kok :)
3. Merokok Disembarang Tempat
Dulu tuh pas SMP aku masih bisa nahan misal ada perokok disampingku. Tapi sekarang bener-bener gak bisa, langsung mual gitu. Aku juga gak tau kenapa. Kebetulan keluargaku gak ada yang merokok, lingkup pertemananku juga gak ada yang merokok, jadinya gak terbiasa dengan asap rokok. Aku bukan melarang, itu hak orang-orang untuk merokok. Tapi tolong tetap hormati mereka yang bukan perokok.
4. Buang Ludah Sembarangan
Jorok gak sih :( aku biasanya kalo mual, tapi posisi di jalan, aku milih makanin permen dibanding meludah sembarangan. Sama halnya dengan yang buang sampah sembarangan, orang yang ludah sembarangan juga menyebalkan :(
5. Mati Lampu
Ini kayaknya udah hal umum hahaha. Apalagi misalnya baterai hp belom sempat dicharge, powerbank sisa sedikit, panas gak bisa nyalain kipas angin/AC, udah gitu mati lampunya tanpa pemberitahuan alias dadakan. Fix nyebelin :) walaupun tetep aja positive thinking dibalik itu semua, ada tim lapangan yang sedang berjuang.
Komentar
Posting Komentar